KATA PENGANTAR
Assalamu Alaikum…,
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT
atas kuasa serta rahmat, hidayah dan inayah-Nya kami dapat menyelesaikan
laporan kegiatan pengamatan perpustakaan walaupun masih jauh dari kesempurnaan.
Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan
aktif membantu kami.
Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang
membangun demi kesempurnaan laporan kami selanjutnya, semoga laporan ini dapat
bermanfaat bagi para pembaca dimana pun berada.
Wassalamu Alaikum…
Mandai, 11 Oktober 2011
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar..............................i
Daftar
Isi………………………...ii
A.
Pendahuluan
i.
Latar Belakang
………………………1
ii.
Tujuan ……………………………...1
iii.
Sistematika atau Ruang lingkup ……...1
B.
Pembahasan
i.
Hasil Wawancara ..…………………2
ii.
Hasil Dokumentasi …………………3
C.
Penutup
i.
Kesimpulan ………………….……...5
ii.
Saran ……….….………….………5
A.
Pendahuluan
I.
Latar
Belakang
Perpustakaan adalah salah satu
sarana yang penting bagi para siswa-siswi, begitu pula dengan perpustakaan SMP Negeri 5 Mandai merupakan
sarana atau tempat bagi para siswa-siswi yang ingin membaca atau meminjam buku.
Di perpustakaan tersebut, terdapat berbagai macam buku mulai dari buku
pelajaran hingga buku cerita yang mengarahkan kepada hal-hal yang positif.
Arti perpustakaan memiliki
peranan yang sangat penting bagi para siswa-siswi, karena tanpa perpustakaan
rasanya akan sangat aneh.
Kondisi
itulah yang membuat siswa-siswi untuk melakukan pengamatan. Pengamatan
tersebut, kami ingin mengetahui bagaimana keadaan dan perkembangan perpustakaan
SMP Negeri 5 Mandai. Dalam melakukan pengamatan tersebut, kami terjun langsung
mengamati perpustakaan tersebut yang berada disamping ruang guru dan berhadapan
dengan kelas VII.E
.
II.
Tujuan
Tujuan dari
pengamatan ini adalah untuk mengetahui keadaan dan perkembangan perpustakaan
SMP Negeri 5 Mandai.
III.
Sistematika atau Ruang lingkup
Sistematika dari laporan ini adalah pendahuluan
yang terdiri atas latar belakang, tujuan, dan sistematika atau ruang lingkup.
Pembahasan yang terdiri atas hasil penelitian dan hasil dokumentasi. Dan
penutup yang terdiri atas kesimpulan dan saran.
B.
Pembahasan
Laporan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal
11 Oktober 2011, lokasi pengamatan dilakukan di Perpustakaan SMP Negeri 5 Mandai. Metode yang kami gunakan adalah
metode wawancara. Kami melakukan wawancara dengan seorang guru penjaga perpustakaan.
ð Hasil Wawancara
Perpustakaan SMP
Negeri 5 Mandai didirikan pada tanggal 4 Agustus 1990 yang berukuran 9 × 12 m2.
Setelah adanya penerimaan siswa-siswi baru tahun ajaran 2011-2012, dalam sehari
jumlah pengunjung perpustakaan mencapai 78 pengunjung yang biasanya 60
pengunjung, jumlahnya lebih banyak dari pada tahun yang kemarin. Kondisi
perpustakaan saat ini sudah semakin baik dan berkembang, bukunya juga semakin
banyak dan adapun juga bantuan dari BOS (Biaya Operasional Sekolah) dan DAK
(Dana Alokasi Khusus). Di perpustakaan terdapat 3 (tiga) penjaga perpustakaan
yaitu Bu Isnaeni, Bu Hj Hamsiyah dan Pak Mustafa. Agar buku-buku tidak berantakan atau tercecer saat ingin di
kembalikan di tempat semula dan agar kita tidak kesusahan mencari buku yang ingin kita cari, jadi
buku-buku di perpustakaan dikelompokkan dalam sebuah kelas. Yang pertama kelas
000 yang terdapat buku karya umum, yang kedua kelas 100 yang terdapat buku
filsafat dan psikologi, kemudian kelas 200 yang terdapat buku agama, kelas 300
yang terdapat buku ilmu social, kelas 400 yang terdapat buku bahasa, kelas 500
yang terdapat buku ilmu-ilmu murni, kelas 600 yang terdapat buku ilmu-ilmu
terapan (teknologi), kelas 700 yang terdapat buku kesenian, hiburan dan
olahraga, kelas 800 yang terdapat buku kesasteraan dan yang terakhir kelas 900
yang terdapat buku geografi dan sejarah umum. Adapun buku yang tidak dapat
dipinjam, tetapi dapat dibaca di perpustakaan seperti buku ensklopedia, kamus
dan lain-lainya.
Di
perpustakaan juga mempunyai beberapa syarat-syarat peminjaman yaitu :
Ø Memiliki kartu perpustakaan.
Ø Lama peminjaman satu minggu dan dapat diperpanjang untuk
jangka waktu 3 hari.
Ø Buku yang dapat dipinjam 2 buah dalam sekali pinjam.
Ø Buku yang dipinjam rusak atau hilang harus diganti.
Ø Bagi setiap anggota yang terlambat mengembalikan buku yang
dipinjam akan dikenakan denda sebesar Rp.100/hari setiap buku .
Adapun tata tertib perpustakaan yaitu :
- Dilarang membawa makanan atau minuman keperpustakaan.
- Dilarang membuang sampah sembarangan.
- Kartu anggota tidak boleh digunakan oleh orang lain.
- Dilarang berbicara saat berada di perpustakaan agar tidak
mengganggu
pengunjung
perpustakaan yang lain.
C. Penutup
I.
Kesimpulan
Dari pengamatan yang telah kami lakukan dapat
dikatakan bahwa, perpustakaan kami yang berada di SMP Negeri 5 Mandai telah
banyak mengalami perkembangan yang sangat memuaskan dari tahun-ketahunnya mulai
dari penataan buku yang tersusun rapi, bertambahnya buku-buku dari dana BOS dan
DAK, kondisinya pun baik dan suasananya juga nyaman.
II.
Saran
Agar para pelajar tertarik dan lebih betah
berkunjung dan membaca di perpustakaan, maka pengelolahan perpustakaan harus
bisa menata ruangan, tempat buku-buku, tempat membaca, ruangan perpustakaan
bersih, menarik dan nyaman.
Tanggung jawab dan kesadaran siswa juga
sangat diperlukan dalam memelihara fasilitas sekolah, seperti setelah membaca
di perpustakaan buku dan tempat duduk harus di rapikan kembali. Dengan seperti
itu akan tercipta suasana yang nyaman di pepustakaan serta tidak memberatkan
tugas penjaga pepustakaan. Serta dengan adanya peraturan yang tegas akan
menciptakaan suasana sekolah menjadi tertib.
Izin Guys, Copy buat tugas
BalasHapusmakasih atas ilmunya
BalasHapus